Senin, 26 Januari 2009

KEBUN RAYA BOGOR




Meski namanya Kebun Raya Bogor, namun Kebun ini berfungsi selain sebagai museum botanical yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. Lokasinya berada di kota hujan Bogor, dan terletak bersampingan dengan Istana kepresidenan Bogor.

Luasnya yang mencapai 80 hektar tidak cukup dijelajahi selama 1 hari. Namun untuk anda yang ingin mengajak anak-anak menyusuri Kebun Raya Bogor ini, usahakan datang pagi hari, agar anda punya waktu lebih banyak untuk menyusuri kebun Raya Bogor.

Kebun ini memiliki beragam jenis tumbuhan dari seluruh dunia. Awal sejarah terbentuknya Kebun Raya Bogor ini bermula dari hutan buatan yang dibuat pada jaman Kerajaan Sunda yang saat itu dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi sekitar tahun 1474-1513. Saat penjajahan Belanda, Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles menempati istana Bogor sebagai kediamannya. Raffless tertarik dengan wilayah ini dan mengembangkannya menjadi kebun luas yang cantik. Dengan bantuan ahli botani Mr. W.Kent halaman istana dibangun lebih cantik lagi bergayakan Eropa.

Pembangunan kebun Raya Bogor ini mulai dilakukan saat pemerintahan Gubernur Jenderal Van Der Capellen pada 18 Mei 1817 dengan nama s'Lands Plantentuinte Buitenzorg. Segera setelah peresmian Kebun Raya Bogor tersebut tempat ini mejadi pusat pengembangan pertanian dan holtikultura di Indonesia. Pendirian Kebun Raya Bogor bisa dikatakan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia. Dari sini lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan lain, seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894).

Daya tarik yang dimiliki Kebun Raya Bogor ini diantaranya bunga bangkai (Amorphophalus titanum) yang mengeluarkan bau bangkai saat mekar, koleksi lengkaptumbuh-tumbuhan Cryptogamae, 25 spesies Gymnospermae, 51 spesies Monocotyledonae dan 2200 spesies Dicotyledonae, Pohon vanili, kelapa sawit, kina, getah perca, tebu, ubi kayu, jagung dari Amerika, kayu besi dari Palembang dan Kalimantan dan lain-lain.

MANFAAT
Kebun Raya Bogor merupakan kebun musium yang paling indah dan paling lengkap koleksi tumbuhannya. Dari beragam tumbuhan yang ada, sangat bermanfaat memberikan pengetahuan secara langsung kepada anak-anak mengenai tumbuhan-tumbuhan langka dan kegunaannya bagi kehidupan. Karena suasana Kebun Raya Bogor yang sangat tertata dan penuh dengan pohon besar, tak jarang kita masih menemukan binatang-binatang yang mungkin sulit kita temui di kota. Dengan demikian, makin beragamlah ilmu pengetahuan yang dapat kita sampaikan ke anak-anak secara langsung. Jangan lupa, menanamkan pekerti untuk tetap melestarikan lingkungan hidup untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dengan menanam pohon dilingkungan kita.

INFORMASI LAIN
Kebun Raya Bogor pada hari Minggu dan hari libur kebun raya sangat ramai dengan pengunjung.Kebun Raya Bogor dibuka setiap hari dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore.
Harga tanda masuk Rp.9500
Mobil Roda 4 Rp. 15.000
Motor Rp. 3000 (Pintu gerbang utama ada di sebelah Selatan)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar